Ikan

Posted by

mengolah ikan itu susah-susah gampang. hm..walopun tidak dibutuhkan keahlian khusus .Hanya perlu sedikit trik dan pengalaman . Ini sejauh yg aku tau dan juga dari sedikit pengalaman

  • Mengolah ikan
pernah liat di tv, tentang cara mengolah ikan agar amis nya ilang. Ikan yang sudah disiangi,di taburi dengan garam dan sedikit lemon,diamkan beberapa saat. Tak lama setelah itu,ikan akan mengeluarkan air dengan sndirinya,nah air itu di serap pake tissue dapur(atau di cuci bersih).Karna katanya dengan menghilangkan air itu juga ilang amis nya. setelah itu barulah di bumbui sesukanya
  • Menggoreng ikan
Ikan yang tekstur nya lembut (atau ikan2 yang kecil)rata-rata mudah pecah pada saat di goreng. bagaimanakah menyiasati ini ?
  1. Sebelum ikan di goreng,balut(balurkan) ikan dengan tepung terigu terlebih dahulu.Ini berguna untuk 2 hal :agar ikan tidak pecah saat di goreng, dan juga langkah ini bisa menyerap air yg ada pada ikan,sehingga pada saat digoreng minyaknya gak meletup-letup (gak takut2 deh jadinya ngebalikin ikan ^-^).. hmm..selain itu ikan juga lebih gurih
  2. usahakan menggoreng ikan dalam wajan yang tidak lengket(anti lengket)
  3. minyak sudah panas dulu pada saat ikan dimasukkan
  4. Jangan iseng membolak balikkan ikan setiap saat. Sabar tunggu sampai bagian bawah yang menyentuh minyak udah kecoklatan(udah kering) ,baru di balikkan.Jika ikan di balikkan ketika bagian bawahnya belum tergoreng sempurna,kulit ikan biasanya akan lengket atau pecah.
  • Ikan di Gulai dan sejenisnya
Ikan yang mudah pecah, perlu siasat juga kalo ingin merebusnya. Misalnya, kalau bikin gulai ikan,masukkan ikan setelah smuanya OK,sehingga gulai tidak perlu di aduk-aduk lagi hingga matang. Hindari pengadukan yang berlebihan jika ikan sudah masuk(kalaupun ingin mengaduk,yang bagian2 atasnya aja. tapi kalo bisa ya ga usah).Mngkin kepikiran jg, kalo ikannya dimasukkin terakhir,ntar bumbunya ga nyerap donk.mm.. yang jelas,beda dengan buat gulai ayam or gulai daging(yang dagingnya ditumisin dl ama bumbu baru dimasukin santan,biar nyerap gt). Setelah ikannya dimasukkin,masak dengan api kecil hingga matang,dengan ini bumbu akan lebih terserap kedalam ikan.

CMIIW , kalo ada yang mo nambahin..dengan senang hati ^-^


Blog, Updated at: January 27, 2008

0 comments:

TRANSLATE

Social Media

Follow by Email

Resep Cumi Tumis Cabe Rawit

Followers

Temukan Resep disini

Blog Archive

Blogroll

mytasteindonesia.com