Ebi Tenpura

Posted by

Hasil gabungan berbagai resep org jepang.

Bahan :

  • udang : di kupas kulitnya(sisain ekor nya),lalu di buang "tali" di punggungnya
untuk kulit nya :
  • 95 gr tepung terigu
  • 5 gr baking powder
  • 1 sdm tepung kanji ( かたくり粉)
  • 1 cup air es+ telor ( maksudnya 1 buah telor di campur air es jadinya 1 cup ) .
  • sedikit dashi (kaldu ikan ) yg bubuk . kalo ga ada,ganti pake garam merica aja
Cara buat :
  • udang: letakkan di talenan bagian punggung menghadap keatas. lalu tekan bagian punggung dari atas pelan-pelan(pake jari) sampai udang kira-kira memanjang. ini agar udang tidak melengkung pas di goreng. atau cara lainnya : belah2 tipis(ga sampe putus) di bagian bawah punggung udang.
  • kulit : campur campuran tepung ,tambahkan air+telor.aduk pake sumpit pelan pelan ( ga perlu harus tercampur semua tepung nya.justru lebih bagus kalo masih ada butiran putihnya). tambahkan dashi
cara menggoreng :
  1. panaskan minyak (yg banyak)
  2. coba tes dengan menjatuhkan adonan tepung ke dalam minyak,kalo tepung nya langsung naik, berarti udah saatnya menggoreng.
  3. pertama ,jatuhkan sebgian adonan tepung menggunakan sendok .lalu dengan cepat balurkan udang ke tepung dan letakkan badan udang di antara adonan yg di jatuhkan tadi (ekor nya ga usah) . lekatkan adonan yg menyebar dengan sumpit.jika perlu,beri lagi sedikit adonan tepung diatas badan udang,lekatkan segera adonan yg menyebar pake sumpit . goreng hingga matang . lakukan begitu seterusnya untuk setiap udang. hehe..terlihat ribet yah (sebenarnya gak begitu ribet kok) .ini cara tuk buat balutan tepung udang nya tebal,dulu pernah liat di tv. tapi kalo mo yg biasa,tinggal balurin sekali ke adonan,lalu goreng.
Point :
  1. mengocok adonan pelan saja ,kira-kira butiran tepung masih sisa
  2. air yg di pake harus air es . ini salah satu tips penting untuk membuat tenpura renyah ( perbedaan suhu :adonan dingin dan minyak panas)
  3. jangan langsung di masukkan semua udang ke adonan.tapi balurin satu persatu aja pas mo di goreng. takut nya air dr udang keluar dan mengubah komposisi adonan.


Blog, Updated at: March 19, 2010

0 comments:

TRANSLATE

Social Media

Follow by Email

Resep Cumi Tumis Cabe Rawit

Followers

Temukan Resep disini

Blog Archive

Blogroll

mytasteindonesia.com