Takoyaki

Posted by

Dulu jg pernah ngepost resep takoyaki, beda dikit aja takaran resepnya. Dan yg kali ini beda pas memanggangnya,katanya kalo yg cara ini dalamnya lebih fuwa fuwa,meleleh gitu. Dan memang benar ^^

Resep
300 gr tepung terigu
150~200 gr tako(gurita)
900 ml air (ditambah dasshi bubuk,tambahkan 1 bungkus kecil)
1 bh telur
Bahan isi:
daun bawang (長ネギ), rajang halus
Ebi kering merah
teri kering halus (biasa jual di supa2, warna merah)
jahe, rajang halus

Pelengkap:
garam dan merica secukupnya
Minyak wijen (kalo ga ada ganti pake minyak sayur jg gpp) untuk poles panggangan
tusuk sate atau lidi ( untuk muter2 bola)
taburan atas : mayonaise dan katsuo bushi dan nori
Cara buat :
Campur tepung dengan air dashi sedikit demi sedikit,aduk sampai tidak ada gumpalan, masukkan telur, aduk.tambahkan garam merica bila perlu. Masukkan semua bahan isi Kecuali tako(gurita)
panaskan cetakan takoyaki. oleskan sedikit minyak wijen. lalu tuangkan adonan dalam jumlah banyak (sampai menutupi seluruh permukaan cetakan).celupkan tako ke masing2 lubang secara cepat, tunggu pinggiran mengeras dan matang yang di bawah(agak lama, sabar yaa jgn dibulak balik dulu nanti lengket lengket )
setelah adonan agak keras, geser2kan adonan yg tumpah diluar lubang hingga ke lubang cetakan, ulangi terus untuk stiap lubang.
adonan yang udah matang bawahnya tidak akan lengket jika di putar.putar adonan atas ke bawah(balikkan). karna setiap lubang akan matang bersamaan sehingga menuntut perhatian yang sama(makanya enaknya bikin rame rame.. Hehe).setelah semuanya mengeras,olesi permukaan takoyaki dengan minyak,katanya sih biar jadinya agak2 renyah gt,putar putar hingga bolanya cantik (nah tahap ini nih yg menyenangkan^^) .biasanya sih disini pake saus takoyaki itu..,tapi ga pernah beli karna dulu ga pernah tau mana yg halal . jadi pake mayonaise, taburan katsuo bushi dan nori saja.. Udah enaaak

saus yg bikin sendiri,lihat disini 

Persiapan :
Sebelum mulai memanggang, priksa ruangan, jika ada baju baju yg sedang digantung atau sejenisnya,pindahkan keruang lain.karna proses ini akan bikin ruangan semerbak wangi bawang.. Hihi


Blog, Updated at: December 03, 2011

0 comments:

TRANSLATE

Social Media

Follow by Email

Bolu Gulung Oreo

Followers

Temukan Resep disini

Blog Archive

AHLAN WA SAHLAN 🍁

Blogroll

mytasteindonesia.com