Ayam Goreng Bumbu

Posted by


ini salah satu menu andalan mama,yg paling laris juga pas waktu mama buka warung makan padang dulu.
saya dulu pas dirumah jarang terlibat langsung didapur,paling cuma ngupas ngupasin aja.Qoddarullah,masuk sma yg diasramakan, 3 tahun makan pun tinggal trima beres.tamat sma langsung keterima beasiswa ke jepang,tambah jauh dari orang tua. disini lah saya baru mulai masak sendiri. suka tanya tanya resep sama mama lwt telp. resep ini yg paling gampang saya ngingatnya,perbandingannya mudah. dulu waktu bikin ini pertama kali sempet ragu,pas nyicipin bumbu mentahnya (ketauan,kbiasaan nyicip..ga pede..hehe) , koq kerasa banget jahe dan lengkuas..hehe..memang itu aja sih isinya ,bolak balik telp,trus kata mama saya,ya goreng dulu la baru dicoba..hihi.. ternyata memang hasilnya enak,pas lg menggoreng wangii 
kami sekeluarga sangat menyukai ayam ini. kami nyebutnya "ayam dedak", mungkin karna ada dedak nya kali ya,sebagaimana kami nyebut bumbu(remah remah/rempahnya) rendang itu "dedak"

Bahan : 
1 kg ayam , potong 
100 gr jahe
100 gr lengkuas
8 ~ 9 siung bawang putih 
garam 
air perasan jeruk nipis 

Cara buat :
blender jahe,lengkuas dan bawang putih, campurkan keayam,juga smua bahan lain. diamkan 30 menit atau lebih(makin lama makin enak,meresap bumbunya) 
goreng dalam minyak banyak . 

note: Kalau mama saya goreng ayamnya sekaligus bumbu , tapi ini bener bener harus ati ati.jadi kalo ayam dah mulai kuning,itu dah harus sering diaduk aduk ,biar bumbunya ga cepat coklat , aduk terus sampai matang, nanti matangnya akan bersamaan , bagus warnanya. angkat,taruh di tirisan minyak,tiriskan minyak hingga benar benar kering, nanti bumbunya akan jadi kremes . 
Tapi jika blm terbiasa,goreng terpisah aja, ayam dulu . trus bumbu nya nanti ditumisin pake sedikit minyak hingga kecoklatan dan kering. 

cocok banget untuk temen nasi kuning ^^


Blog, Updated at: February 06, 2012

0 comments:

TRANSLATE

Social Media

Follow by Email

Bolu Gulung Oreo

Followers

Temukan Resep disini

Blog Archive

AHLAN WA SAHLAN 🍁

Blogroll

mytasteindonesia.com