Tantangan kehormatan grup dapur aisyah , maret 2012

Posted by

Bismillah

Awal baca tantangan kali ini, mengenai aneka kue kering berbahan dasar terigu , baru keingat kalo dirumah ada 2 buku berisi buanyaak resep kuker tapi jarang sekali dipraktekin. Mumpung ada tantangan,sekalian deh nyobain resep dibuku


Kali ini ada dua jenis kue kering :
1. Kukis 3 bentuk (segi empat,lingkaran dan segitiga)
-> resep dr buku,bentuk ngarang. Karna niat awalnya skalian buat bahan afif, jadi dibikin 3 bentuk ,trus iseng pengen bikin motif didalamnya.
2. Kukis coklat
Resep dari buku, nyobain ini karna manggangnya ga pake oven, tapi pake teflon diatas kompor. Bisa insyaAllah , tapi hrs hati hati rawan gosong

----Tantangan Kehormatan Grup Dapur Aisyah Maret 2012 ---
Ide tema: mbak amee salmah
Dibuat oleh : pici ummu afif (diambil dari buku)


1. Kukis 3 bentuk





Bahan adonan kuning :
100 gr butter
50 gr gula bubuk(saya pakai gula biasa)
1/2 bh kuning telur
150 gr terigu
vanila oil secukupnya (saya skip)


Bahan adonan coklat :
100 gr butter
60 gr gula bubuk
1/2 buah kuning telur
140 gr terigu
30 gr cocoa powder


Cara buat :
Aduk butter dan gula hingga lembut, masukkan telur,Aduk.masukkan terigu, aduk pakai sendok dg cara seperti memotong/iris ,jangan aduk melingkar(ini point kalau buat kukis,supaya bs renyah) . yg tuk adonan coklat juga sama cara nya (cocoa bubuk dicampurkan ke terigu)Bagi bagi adonan jadi bbrapa bagian bungkus masing masing dengan plastik wrap,diamkan dulu di kulkas sampai mengeras.

Bentuk segiempat :
Bagi adonan ,buat masing masing persegi panjaang kebelakang (liat fto) , taruh selang seling,kuning sebelahnya coklat,diatas kuning taruh yg coklat,diatas coklat taruh yg kuning,padat kan.tutupi permukaan luar dengan adonan kuning(yg udah ditipisin) bungkus plastik wrap masukkan kulkas hingga keras

Bentuk bulat :
Bikin batang bulat pake adonan coklat (panjang terserah saja) , buat pula tali tali bulat kecil pakai adonan kuning . Iris pakai pisau adonan yg coklat td ke arah dalam (sekitar 2 cm ke tengah) ,buka dan masukkan tali bulat kuning,tutup lagi batang coklat. Lakukan hal yg sama tuk seterusnya. Itu padahal saya dah buat 5 tali kuning tp cuma sempat masukin 3 ... Hihi.. Abisnya dah ada tanda tanda aisyah mau bangun jd harus buru buru
Roll dg tangan batang coklat biar mulus kulit luarnya dan bagus bulatnya. Bungkus plastik wrap masukkan kulkas hingga keras

Bentuk segitiga
Pakai adonan kuning,buat segitiga (memanjang, jadi batang segitiga gitulah) , bungkus dengan adonan coklat (yg dah digiling dulu) . Bungkus plastik wrap taruh di kulkas hingga mengeras

Point penting :
Mengaduk tepung hrs dengan gerakan memotong/mengiris ,agar kue renyah..
Adonan dalam keadaan dingin/keras biar bisa rapi membentuknya,jika adonan melembek jangan dipaksakan,masukkan kulkas dulu
Potong adonan dalam keadaan keras,kalo ga begitu diiris ntar adonan akan ikut jatuh kebawah.Adonan bisa tahan 3 hari di kulkas insyaAllah. Saya kmrn setelah dibentuk,2 hari kemudian baru dipanggang

Panaskan oven 170 derjat ,keluarkan adonan dari kulkas.. Potong/iris,panggang selama 13 menit


2. Kukis Coklat panggang di teflon

Bahan :
75 gr coklat batang
60 gr butter (saya pakai mentega biasa)
120 gr tepung terigu
1 butir telur
gula bubuk utk lapis luar



Cara buat:
Tim coklat dan butter hingga meleleh,masukkan telur,aduk. Masukkan tepung,aduk dg cara memotong/mengiris. Bagi 4 adonan sama besar,masing masing bagian bagi 10 (jadi smua ada 40). Alasi Teflon dengan kertas roti ,bulat bulat kan adonan dengan tgn dan susun diatas teflon yg sudah dialasi kertas roti.
Taruh teflon diatas kompor,hidupkan api paliiiing kecil,tutup teflon,masak 10 menit ,sesekali lap uap air yg nempel di tutup. pas masih panas,masukkan ke wadah berisi gula bubuk , aduk pelan pakai tangan
Tips dr saya: setelah 5 menit,periksa , jika bagian bawah dah coklat banget dan kering sementara yg atas msh lembek,balikkan saja.tutup lg . pokoknya sampai permukaannya kering aja,matikan api ,diamkan begitu saja (msh tertutup ) selama bbrp  menit. insyaAllah matang koq sampai dalam . hati hati ,gampang gosong .. di buku cuma ditulis panggang 10 menit dg api kecil , kmrn panggangan pertama ditinggal nyambi mandiin aisyah , tengok lagi bawahnya udah gosoong , itam legam. hehe..gpp, jadi belajar kan..jadi ngerti tips dan trik nya ^^ , namanya aja percobaan..hehe
selamat mencoba , ati ati ga bs berhenti mkn nya , kukis ini enak..makan satu jadi mo nyomot lagi


Blog, Updated at: March 30, 2012

0 comments:

TRANSLATE

Social Media

Follow by Email

Bolu Gulung Oreo

Followers

Temukan Resep disini

Blog Archive

AHLAN WA SAHLAN 🍁

Blogroll

mytasteindonesia.com