Gluten dan 3 Jenis Terigu beserta merk nya

Posted by

 Gluten adalah sejenis protein yang tidak larut dalam air dan memiliki fungsi untuk menahan gas yang terbentuk selama fermentasi/peragian. Gluten akan terbentuk jika tepung terigu diberi air dan diuleni.


Gluten merupakan unsur terpenting dalam pembuatan roti. Gluten menghasilkan jaringan elastis yang berfungsi menahan gas CO2 yang dihasilkan ketika adonan berfermentasi/mengembang sehingga adonan dapat mengembang dengan sempurna.

Pada tepung terigu protein rendah, kandungan gluten ini sangat sedikit sehingga tidak mampu menahan gas CO2 yang dihasilkan yang berakibat roti akan kempes atau keras/alot setelah dipanggang. Bila membuat roti dengan terigu protein rendah maka hasilnya tidak akan maksimal karena volume roti tidak bisa besar, teksture tidak halus dan jumlah roti yang dihasilkan tidak sebanyak jika menggunakan terigu protein tinggi.
Pada pembuatan roti manis, kadang-kadang dipakai campuran terigu protein tinggi dan sedang agar diperoleh teksture roti yang lebih lembut dan tidak terlalu kenyal.

Berdasarkan glutennya, tepung terigu dibagi menjadi 3 , yaitu : 
  1. Tepung terigu protein rendah
Kadar glutennya rendah . Cocok untuk bakwan , kripik bawang, stik ,biskuit,kerupuk dan sejenisnya.Tepung ini  memberikan tekstur renyah pada masakan. Tepung ini bisa juga di gunakan untuk membuat cake atau kue basah lainnya  . Merk dagang nya antara lain adalah "kunci biru"

   2.Tepung terigu protein sedang 

Kadar glutennya menengah . Bisa di gunakan untuk apa saja...martabak,cake,kue basah, termasuk untuk membuat roti . Merk dagangnya antara lain adalah "segitiga biru

   3.Tepung terigu protein tinggi 

Kadar glutennya tinggi.Tepung ini cocok untuk membuat roti,donat,mie basah dll. Merk dagang nya antara lain "cakra kembar" berwarna hijau 


Blog, Updated at: September 28, 2012

0 comments:

TRANSLATE

Social Media

Follow by Email

Resep Cumi Tumis Cabe Rawit

Followers

Temukan Resep disini

Blog Archive

Blogroll

mytasteindonesia.com