Brown onion paste

Posted by


Nah ini dia salah satu bumbu di kulkas rumah kami. Praktis banget loh kalau nyetok ini, saya biasanya ke supermarket akhir Minggu, trus langsung nyetok nyetok bumbu dasar, salah satunya ini. Jadi di hari sibuk/week day bisa tetep ngebento dan masak variasi menu dg lbh cepat. Saya biasanya bikin buat stok seminggu, walau kadang berlebih dan tetap bs dipakai meski dah lewat seminggu. Ini bisa tuk berbagai tumisan, nasi goreng,mie goreng, bumbu sup/kuah kuah lain, topping pizza, dan buanyaak lagi, dah siap pakai^^ 

Resep : 
Bawang bombay (saya pakai 4 buah yg ukuran besar ) 
Olive oil/minyak sayur untuk menumis
Air  

Cara: 
Iris iris bawang bombay(mau dirajang jg boleh tapi saya ambil cara yg lbh simpel aja, diiris) 
Panaskan minyak, tumis bawang bombay dg api sedang , sampai layu dan bawang kliatan transparan. Trus kasi sedikit air (kira kira 3-5 sdm, ga perlu ditakar pakai sendok sih.. Pokoknya kira kira aja segitu hehe, bukan bikin cake koq :) )  tutup teflon, kecil kan api. Masak sampai air menyusut, buka teflon,aduk bawang, masukkan air lg sedikit , tutup teflon lagi. Begitu terus berulang sampai bawang jadi kecoklatan (akan menyusut). Masak sampai air mengering. Siap disimpan 


Ctt: bisa ditambahkan sedikit garam 


Blog, Updated at: January 13, 2015

2 comments:

kholis said...

Pici,,,,
Dimasaknya kira2 brp lama?q udah bikin 2x dan selalu sampai 2jam
Apa emang bener lama ya sampai jd coklat?

Amfici Eka Fitry said...

memang lama kholis , kurang lebih segitu :D disambil aja bikinnya hehe

TRANSLATE

Social Media

Follow by Email

Donat Empuk

Followers

Temukan Resep disini

Blog Archive

Blogroll

mytasteindonesia.com