Kepiting Saus Padang

Posted by

Suami tuh suka banget kepiting. Nah memang yang belanja mingguan itu suami,apalagi di musim corona sekarang ini. Suami yang pergi ke pasar nyari daging,ikan,atau protein lainnya buat mingguan. Jadi menu mingguan itu sesuai mood suami , karna saya ya masak apa yang di beliin aja kan hehe 
Kalau pas nemu kepiting segar , pasti deh di beli biasanya 
Dulu di Jepang, kami kadang suka jalan jalan ke pesisir pantai , disana berburu makanan laut, salah satunya kepiting. Seger segeer banget kepiting nya , masih idup idup. Kalau barang segar itu, ga perlu di masak heboh heboh udah enak banget,ikan nya cuma di panggang kasi garam aja di pinggir pantai itu.Kepiting nya cuma di rebus gitu aja, kasi garam dan jahe sepertinya. Lagi pun kepiting kan ga boleh di rebus lama lama, malah alot daging nya. 

Kali ini di bikin saus padang aja, skalian biar bisa buat lauk nya nasi 

Resep ; 
BAHAN : 500 gr kepiting/ rajungan 3 lembar daun salam 3-4 daun jeruk 1/2 ruas lengkuas 1 batang serai 1 butir telur 2 sdm saus tiram 4 sdm saus tomat 1-2 batang daun bawang, iris 1/2 bonggol bwg bombay, cincang kasar 5 sdm saus sambal
cabe rawit secukupnya Minyak secukupnya 150-300 ml air (air rebusan kepiting) / secukup . . BUMBU HALUS : 4 siung bwg putih 7 siung bwg merah 7 cabe merah keriting atau sesuai selera
Sedikit kunyit 2 butir kemiri 2 cm jahe

Cara Membuat;

Cuci dan gosok bersih kepiting , buka cangkang dan buang insangnya. sisihkan
rebus kepiting bersama 1 lbr daun salam dan irisan jahe ( tidak tercatat dalam resep),tambahkan juga garam
rebus sampai mendidih dan kepiting berubah warna.Tidak perlu lama lama .ambil kepiting dan air nya sebanyak satu gelas

Tumis bumbu halus dan bahan lainnya kecuali saus . setelah wangi dan matang, tambahkan saus tomat,saus sambal dan saus siram. Masukkan air rebusan kepiting , tambah dengan air lagi jika diperlukan. Rebus sampai mendidih dan matang, masukkan kepiting dan aduk hingga tercampur rata.Masak dengan api kecil sebentar saja sampai bumbu meresap ke kepiting. Taburkan daun bawang yang sudah di iris .Siap di hidangkan


Blog, Updated at: June 16, 2020

0 comments:

TRANSLATE

Social Media

Follow by Email

Bolu Gulung Oreo

Followers

Temukan Resep disini

Blog Archive

AHLAN WA SAHLAN 🍁

Blogroll

mytasteindonesia.com