Teknik menggoreng Ayam Goreng Lengkuas

Posted by


Sambungan dari postingan yang ini , menggoreng ayam yang matang sempurna meski tidak di ungkep serta menggoreng ayam sekaligus dengan bumbu nya.Mudah saja sebenarnya , hanya perlu sedikit trik saja . 

Saya akan mulai dari alat dulu ya. Alat yang harus ada itu cuma satu yaitu  saringan minyak kecil , ini digunakan untuk mengambil/menyiduk bumbu nya .Meski di masukkan bersamaan, bumbu akan matang duluan ,kalau punya saringan kecil akan lebih leluasa mengambil bumbu diantara ayam tersebut 

Lalu kita masuk ke tips dan trik menggoreng nya ๐Ÿ‘‡
  • Minyak agak banyak
Tidak perlu sampai terendam,tapi goreng dalam minyak agak banyak
  • Masukkan setelah api panas 
Ini sama dengan menggoreng yang lain ya , masukkan setelah minyak panas, goreng dengan api sedang
  • Beri ruang pada wajan
Ayam nya jangan di masukkan terlalu banyak untuk sekali goreng.Beri ruang , jangan sampai penggorengan penuh ayam , karna itu akan membuat panas minyak berkurang(menurunkan suhu minyak) .Sehingga bukannya menggoreng malah jadinya seperti merebus dalam minyak.
  • Masukkan sekalian bumbu 
Masukkan sekaligus dengan bumbu nya .Pasti akan ada air air nya tuh ,apalagi tadi kita nge blender bumbu nya dengan sedikit air .Jadi agak di peras aja air nya (air nya ga usah di masukkan) 
  • Aduk aduk dari awal
Begitu selesai dimasukkan ke minyak , aduk aduk agar ayam nya terpisah dari bumbu, agar tidak ada bumbu yang melekat di ayam.Karna ini(ayam yang ada tempelan bumbu nya) akan menyebabkan ayam cepat gosong di luarnya sementara dalamnya belum matang. Jadi ini tuh nggoreng nya sekaligus tapi tetap antara ayam dan bumbu nya terpisah ya . Setelah selesai di aduk dan terpisah ayam dengan bumbu, boleh didiamkan/di tunggu saja dulu sekitar 10 menit (set timer jika perlu hehe) 
  • Bumbu lebih dulu di angkat 
Nah , disinilah saringan kecil itu kita gunakan. ketika sudah 10 menitan lebih gitu , bumbu akan mulai sedikit menguning , ini udah ga boleh di tinggal ya. Harus selalu diaduk ,lalu di lihat ketika bumbu sudah kekuningan , udah langsung aja di saring. proses pemanasan akan terus berlangsung koq meski sudah di saring, jadi supaya warnanya cantik golden brown gitu ( sama seperti menggoreng kacang) 

  • Bumbu tunggu sampai dingin dan kering 
Bumbu yang baru diangkat memang masih basah dan lembek.Jangan langsung di pindahkan ke wadah  ya,biarkan saja dulu tetap di saringan,sembari meniriskan minyak nya.Biarkan sampai agak dingin dan kering, nanti bumbu akan garing/mengeras dengan sendirinya 



  • Lanjutkan menggoreng ayam 
Setelah bumbu di saring , lanjutkan menggoreng ayam ,sampai berwarna kecoklatan .Setelah itu tiriskan . 



  • Campur ayam dan bumbu 
Setelah semua agak dingin , siap di hidangkan .Dalam wadah,tuang ayam nya lalu taburkan bumbu diatasnya 




Selamat mencoba <3 
Kalau yang pertama gagal , berarti belum rezki nya berhasil .Bisa jadi yang kedua, atau yang ketiga,atau yang ke empat. Masak itu hanya masalah jam terbang saja .Jika tidak mulai di coba,sampai kapan pun tak akan pernah bisa 

Beberapa pilihan resep ๐Ÿ‘‡



Blog, Updated at: June 16, 2021

1 comments:

Anonymous said...

Lucky Club - Get Lucky Club's New Casino Site - LuckyClub
Welcome to Lucky Club! Your new favourite slot site - Play £10 or more and experience some of the most exciting slots in UK luckyclub.live and Ireland.

TRANSLATE

Social Media

Followers

Temukan Resep disini

free counters

Blogroll