Saus Tomat ( Saus untuk pizza , spageti dan pasta)

Posted by

Saus tomat di Itali ada yang di kenal dengan saus arrabiata,saus simpel berbahan dasar tomat yang di tambah cabe kering  .Jika  tanpa cabe,namanya saus marinara. Nah kalau saus ini di tambah daging giling dan sedikit susu, itu jadinya saus bolognese. Hehe jadi sebenarnya sih dia dasarnya itu aja sih ya 

Yang ini saus tomat di tambah cabe kering , biasa juga di sebut saus arrabiata.Kebetulan karna ga ada stok daging , jadi ya cuma tomat aja . Gini aja juga udah enak banget , untuk spageti, pizza dan pasta.Kalau sedang punya tomat banyak , bisa bikin stok untuk di taruh di chiller ya , tahan semingguan lebih lah (selalu nya cepet habis) .Atau kalau mau lebih awet bisa disimpan di freezer, tahan buat sebulan 

Dulu kalau di Jepang saya selalunya bikin pake tomat kaleng , karna sangat mudah di dapat disana .Pake tomat kaleng jadi lebih merah warna saus nya . Resepnya bisa dilihat disini ya  Tapi tomat fresh juga ga kalah enak koq. Kali ini resep memakai tomat fresh 

Bahan : 
- 1/2 kg Tomat 
- 3 siung Bawang putih , geprek lalu di rajang halus 
- 1 bh Bawang bombay ukuran kecil , rajang 
- Cabe Kering , potong potong 
- Oregano kering / basil / italian seasoning 
- 1 lembar daun salam 
- Garam 
- Merica 
- Kaldu jamur / totole
- 1 gelas air 
- Minyak zaitun / olive oil 

Cara : 
- Buang kulit tomat , caranya : didihkan air di panci , sementara itu buat sayatan menyilang di bagian bawah tomat. Masukkan tomat ke dalam air mendidih, rebus selama 1 menit , angkat dan langsung masukkan ke dalam air es. Kulit akan mudah di kelupas dari bagian sayatan tadi. Buang juga biji tomat nya ,lalu blender ( haluskan) tomat 

- Di wajan , masukkan bawang putih , tambahkan beberapa sendok minyak zaitun , hidupkan api kecil.Masak sampai bawang putih kecoklatan . Ingat urutannya ini ya.Jadi bawang putih masuk dalam keadaan wajan dan minyak dingin , ini akan membuat aroma bawang putih keluar maksimal ke minyak , jadi khas wangi nya . Ini tips supaya lebih enak aja sih.Sebenarnya kalau panasin minyak dulu juga ga salah dan ga akan gagal hehe 

- Lalu tambahkan bawang bombay . (kalau mau tambahkan daging giling bisa di tahap ini) . Setelah itu masukkan blenderan tomat .tambahkan 1 gelas air . masukkan bahan bahan lain . Masak sampai air menyusut dan saus mengental , bisa juga kalau mau di tambah olive oil nya lagi . 

-Siap di pakai atau di simpan buat stok 


Blog, Updated at: August 10, 2021

0 comments:

TRANSLATE

Social Media

Followers

Temukan Resep disini

Kelas PAWON

Kelas PAWON
Ketik #INFOPAWON kirim ke 082170722554

Ketik#DAFTARPAWON42 kirim ke 082170722554

Blog Archive

free counters

Blogroll

mytasteindonesia.com