sup ayam

Posted by



Di rumah ini kalau untuk sup ayam kurang suka yang daging nya tebal tebal, suka yang banyak tulangnya . Makanya kalau sedang pisah pisahin daging ayam ( misal daging nya mo di pake buat campuran nugget , risoles,bakso dll) , nah bagian tulang nya baru tuh di bikin sup .Tapi ya ga bener bener tulang doank yah,sengaja di sisain dagingnya dikit.

Dulu sebelum menikah , saya kalau bikin sup ayam ,langsung di masukkan saja ayamnya pas bikin kaldu . Tapi pas udah nikah,suami suka yang di goreng dulu ayamnya . Ya udah saya bikinnya di tumis gitu aja beri kesan "goreng" pada dua permukaan ayam nya,tidak digoreng,lebih sehat juga kali yah hehe 

Bikin sup ayam itu simpel aja sih sebenarnya , bumbu nya juga menyesuaikan mood aja . Ga harus di ulek , di iris juga boleh kalau sedang malas ngulek . 

Cara I 

           

Seperti cara yang di atas ini . Ini ayamnya di masak(panggang/grill) pake sedikit minyak.Ga usah di aduk aduk , jadi tata di wajan , biarkan kecoklatan .Setelah itu di balik,dan biarkan pula sampai kecoklatan. Point nya disini hanya ingin memberikan kesan "goreng" aja pada kedua permukaannya,dalam nya belum matang juga ga apa apa karna kan bakalan di rebus juga 

Setelah itu masukkan bawang merah dan bawang putih yang diiris , ini sudah boleh diaduk , masak sampai bawang wangi .Tambahkan air , daun bawang, seledri , jahe geprek, 1-2 bh kapulaga , garam merica dan kaldu bubuk(totole) . Bisa kalau mau di tambahkan  bawang bombay karamel juga yah,lebih mantap rasanya. Atau kalau tidak ada,tambahkan bawang bombay fresh aja     
Terakhir baru tambahkan sayuran ( wortel , kentang , tomat ,daun seledri ) ,periksa rasanya ..tunggu sampai sayuran matang. 

Bikin sambal nya : rebus cabe rawit dan 1 buah bawang putih ( masukkan ke dalam sup , numpang sekalian hehe) . setelah itu haluskan ,tambahin tomat yang dari sup juga , haluskan sekalian , beri garam dan kaldu jamur , tambahkan perasan jeruk nipis   

Sup cara II              
                              
                               
Atau bisa juga bumbunya pake yang di haluskan . cara kurang lebih sama saja 

bersambung .....





Blog, Updated at: October 26, 2021

0 comments:

TRANSLATE

Social Media

Followers

Temukan Resep disini

Kelas PAWON

Kelas PAWON
Ketik #INFOPAWON kirim ke 082170722554

Ketik#DAFTARPAWON42 kirim ke 082170722554

Blog Archive

free counters

Blogroll

mytasteindonesia.com