Ikan Sarden Homemade

Posted by



Ini percobaan pertama( selama di Indonesia ).  Dulu ketika di Jepang juga pernah coba bikin . waktu itu pakai ikan Sanma . Ikan ini enak banget , paling sering ada stok nya di kulkas . Ikan nya ga amis , di bakar pakai garam aja juga udah enak . 



Ikan Sanma

Ikan Sanma ini punya mulut yang panjang, lalu tekstur kulit nya halus.Ikan ini kalau di bikinin sarden juga enak banget,mirip seperti ikan sarden kalengan. Kalau di Indonesia mirip ikan apa yah , ikan cucut mungkin ? 

Nah yang kali ini , bikin pake ikan kembung yang kulit nya halus juga , ikan apa ya tepat nya namanya, ga ngerti jenis jenis ikan hehe 
Sebelum bikin , berselancar dulu di youtube cari cari inspirasi resep . Ada banyak resep sarden homemade dengan resep yang berbeda , malah jadi bingung . Ya udah bikin aja sesuai bahan yang ada di rumah . Intinya sih sarden itu kan ikan tulang lunak dengan saus tomat ya gak.


Komentar suami ,"wangi ,, enak " , "nilai nya 9 , kekurangannya ; kurang lunak tulang nya , kurang pedas , dan kalau dibikin ada asam asam nya sepertinya tambah enak deh " . Hmm...oke ,, memang benar hasil kali ini kurang lunak tulang nya , karna saya presto nya terburu buru, dan air nya kurang sehingga belum lunak, kuah udah menyusut dan mengental . Seharusnya , presto dengan api kecil dan kuahnya agak ditambah airnya. Kalau kurang pedas, oke next di tambahin cabe rawit hijau kali yah . Dan suami pengen ada  asam asam nya sedikit , next tambah sekeping asam kandis aja mungkin :D hehe namanya aja experiment. Tapi overall enak , dan komentar anak anak pun "enak bangeet",alhamdulillah <3 

Karna ini resep suka suka , catat dulu sebelum lupa ; 

Bahan : 
Ikan kembung kecil ( kurang lebih 1 kg) 
2 batang sereh, geprek ,
3 lbr daun salam 
3 ruas lengkuas , geprek 
5 sdm saus tomat 
3 sdm saus tiram 
1/2 buah bawang bombay , iris kasar 
Daun bawang , iris 
Garam 
Kaldu jamur/totole
Gula 

Bumbu Halus :
Segenggam barang merah 
4 siung bawang putih 
3 cm jahe 
segenggam cabe merah keriting 
4-5 buah tomat 

Cara buat : 
  • Lumuri ikan dengan perasan jeruk lemon(atau cuka) dan garam , diamkan sebentar,lalu cuci bersih dan tiriskan
  • Dalam panci presto , masukkan minyak untuk menumis ( minyak nya agak banyakan dikit gpp), tumis bumbu halus sampai wangi .Jangan lupa tambahkan daun salam , lengkuas,dan sereh.Tumis sampai bumbu matang dan meletup letup. 
  • Setelah itu tambahkan saus tomat, saus tiram, garam ,totole dan sedikit gula. 
  • Lalu susun ikan didalam panci , tambahkan air secukup nya ( air nya agak banyakan aja dikit kalau mau presto sampai lunak tulangnya ) . Presto dengan api kecil . 
  • Setelah matang ,tambahkan bawang bombay dan daun bawang , matikan api,lalu tutup panci dan diamkan sebentar 
  • Siap di hidangkan 




Blog, Updated at: December 03, 2022

0 comments:

TRANSLATE

Social Media

Followers

Temukan Resep disini

Blog Archive

free counters

Blogroll

mytasteindonesia.com